• Status Order
  • Tlp: 081328882683
  • SMS/WA: 081328882683
  • admherbanus@gmail.com
Terpopuler:

Luat biasa! inilah 8 Manfaat Kunyit dari Penyedap Masakan hingga Terapi Kesehatan

01 October 2019 - Kategori Blog

ilustrasi : kunyit [khasiatsehat.com]

Kunyit merrupakan salah satu bumbu dapur yang biasa digunakan sebagai penyedap masakan di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Kemudian mengalami penyebaran ke berbagai negara diantaranya, Malaysia, Australia bahkan Afrika. Dan di Indonesia hampir semua orang menggunakan rempah-rempah ini sebagai pelengkap bumbu maskan, jamu, kesehatan dan kecantikan.

Kunyit masuk dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae. Kunyit memiliki nama lokal seperti janar (Banjar), kunir (Jawa), koneng (Sunda), konyet (Madura),  kunyit (Indonesia dan Malaysia), tumeric (inggris), dan kurkuma (belanda),

Kunyit selain digunakan sebagai pnyedap masakan, kunyit merupakan rempah yang dangat bermanfaat bagi kesehatan. Untuk detailnya, yuk! simak ulasannya.

1. Obat sakit maag

Kunyit sudah sejak lama dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi gangguan pencernaan. Sehingga ketika gejala maag kambuh disarankan untuk menyeduh kunir untuk meredakan nyeri maag.

Sakit maag dipicu oleh timbulnya luka lambung yang disebabkan infeksi bakteri H.Pylori. Mengonsumsi obat antinyeri, minum minuman beralkohol dan merokok juga dapat memicu terkikisnya lapisan dinding usus dan kerongkongan sehingga memicu asam lambung naik.

2. Mengobati peradangan

Kunyit mengandung zat aktif yang disebut kurkumin, ada lebih kurang 200 miligram kurkumin dalam satu sendok teh kunyit. Kurkumin adalah antioksidan polifenol, yang memiliki kemampuan sebagai antivirus, antibakteri, antiradang juga sebagai antikanker.

Kurkumin bekerja dengan memblokir kerrja sitokin dan enzim penyebab inflamasi dalam tubuh. Kurkumin juga dapat mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar histamin.

3. Meredakan gejala IBS (Irritable Bowel Syndrome)

Irritable Bowel Syndrome (IBS) yaitu kondisi tidak normalnya usus besar akibat gangguan kontraksi otot halus. Orang yang terkena IBS biasanya akan mengalami berbagai gejala seperti diare, perut kembung, sakit perut, sembelit dan perut kram.

Jika kotraksi usus terlalu sering, akan mengakibatkan diare kronis. Tetapi sebaliknya jika kontraksi usus berkurang akan berakibat sembelit kronis. Nah, kunyit memiliki kemampuan untuk mengatasi diare akibat IBS. Kandungan magnesium dalam kunyit mampu menjadi menyeimbangkan cairan tubuh akibat diare.

Dalam sebuah penelitian yang dimuat oleh Journal Clinical Of Medicine (2018), menunjukan hasil bahwa kunyit mampu mengurangi intensitas sakit perut yang disebabkan oleh IBS.

4. Menyembuhkan perut kembung

Anda sering kentut? Kalo sering, itu tanda bahwa sistem pencernaan Anda baik-baik saja. Tapi jika buang gas (kentut) berlebihan itu tanda ada masalah di sistem pencernaan Anda. Nah, kunyit membantu otot organ pencernaan tetap bergerak lancar agar tekanan gas dalam perut berkurang. Kunyit sekaligus juga akan membantu menghentikan produksi asam berlebih penyebab perut kembung.

5. Mengurangi rasa mual

Journal Food (2017) dalam studinya membuktikan bahwa, menambahkan lada hitam dalam racikan kunyit akan memudahkan proses penyerapan kurkumin dalam kunyit yang lambat diserap dalam darah. Kandungan piperin dalam lada hitam inilah yang mempercepat proses penyerapan kurkumin sehingga siap digunakan oleh tubuh. Tidak hanya itu, piperin juga berfungsi memperlambat pemecahan kurkumin oleh hati sehingga dapat bertahan lama dalam darah.

Kunyit yang diracik dengan lada hitam sangat manjur untuk mengurangi rasa mual daripada dikonsumsi sendiri tanpa campuran lada. Ajaib bukan…? silahkan Anda buktikan!

6. Meredakan nyeri haid

Kandungan kurkumin pada kunyit ternyata tidak hanya sekedar obat mual, tapi juga sebagai pereda nyeri haid alami yang bekerja dengan melemaskan otot rahim akibat kram.

Selain itu, kurkumin juga mampu mengurangi masuknya aliran ion kalsium pada sel epitel rahim serta mengurangi produksi prostaglandin yaitu hormon penyebab rasa sakit dan peradangan.

Biasanya permempuan Indonesia mengombinasikan kunyiit dengan asam jawa sebagai pereda nyeri saat haid. Racikan kunyit dengan asam jawa ditambah gula inilah yang dikenal denga sebutan kunir asam.

7. Menurunkan berat badan

Manfaat berikutnya adalah sebagai ramuan diet alami atau penurun berat badan. Efek kurkumin dalam kunyit berfungsi menekan peradangan sel tubuh, temasuk sel pankreas, lemak, dan otot. Reaksi ini dapat membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah, dan kolesterol serta gangguan metabolik lainnya akibat berat badan berlebih. Bagi Anda yang merencanakan diet, bisa menggunakan kunyit sebagai obat alami penurun berat badan.

8. Mengendalikan gula darah

Lagi-lagi efek kurkumin pada kunyit yang menjadi penurun glukosa dalam darah. Suplemen ekstrak kunyit sangat membantu dalam meningkatkan fungsi insulin, menstabilkan gula darah, dan memudahkan dalam penanganan gejala diabetes. Nah, bagi Anda yang memilki penyakit diabetes dapat mencoba obat alami ini untuk mengendalikan gula darah supaya tetap stabil. Salam sehat, back to nature kembali ke alam dengan mengonsumsi herbal nusantara.

Sumber :

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kunyit
  • https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/maag-asam-lambung/kunyit-untuk-asam-lambung
  • https://www.alodokter.com/kebenaran-manfaat-kunyit-ditinjau-dari-segi-medis
  • https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-kunyit-untuk-kesehatan

, , , , , , , , , , , ,

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

 
Chat via Whatsapp